Olahraga-Olahraga yang Telah Dihapus Dari Daftar Olimpiade

Olimpiade merupakan ajang olahraga internasional empat tahunan yang mempertandingkan cabang-cabang olahraga musim panas dan musim dingin serta diikuti oleh ribuan atlet yang berkompetisi dalam berbagai pertandingan olahraga. Olimpiade merupakan kompetisi olahraga terbesar dan terkemuka di dunia, dengan lebih dari 200 negara berpartisipasi. Berbagai macam jenis olahraga telah dipertandingkan dalam ajang ini, namun beberapa nama olahraga telah dihapus dalam daftar perlombaan. Berikut ini nama-nama olahraga yang telah dihapus dalam daftar.

  1. 1.     Tug of war (tarik tambang)

Tidak seperti olahraga lain yang dihentikan pada ajang Olimpiade, tarik tambang (tug of war) merupakan salah satu perlombaan favorit. Diperlombakan dari tahun 1900 hingga 1920, cabang olahraga ini dihentikan dari perlombaan oleh Komite Olimpiade. Meskpun olahraga ini sangat populer di kalangan masyarakat, ternyata olahraga tarik tambang memiliki resiko yang tinggi.

Pada Olimpiade 1908 di London, tim AS memprotes tim tuan rumah, karena sepatu yang digunakan oleh tim Inggris lebih berat, berduri dan ilegal. Tim Inggris yang sebagian besar adalah Polisi menjelaskan bahwa sepatu mereka layaknya sepatu kerja sehari-hari.

  1. 2.     Jeu De Paume

Jeu de Pume (seperti yang diilustasikan dalam gambar) dilombakan pada Olimpiade London 1908 dan belum pernah diperlombakan kembali setelah Olimpiade 1908, yang mungkin disebabkan karena kekurangan penonton. Olahraga ini merupakan olahraga “elitis”. Hanya terdapat sekitar 20 lapangan jeu de paume yang tersisa di seluruh dunia dan kebanyakan berada di Perancis.

Cabang olahraga yang juga dikenal dengan nama “palm game” merupakan pengembangan dari olahraga tenis.

  1. 3.     Rope Climbing

Panjat tali (Rope Climbing) merupakan bagian dari cabang olahraga senam pada Olimpiade musim panas 1896 hingga 1932.

Olahraga ini hanya tampil di empat kali Olimpiade, dikarenakan olahraga ini hanya populer di Amerika. Tidak heran olahraga panjat tali ini dengan mudah dimenangkan oleh tim Amerika ketika Olimpiade diselengarakan di Amerika.

Saat diperkenalkan pada Olimpiade modern tahun 1896, pendakian tali dinillai dari bentuk, kecepatan dan pencapaian tali sepanjang 13 meter. Pada tahun 1904 dan 1932, medali diberikan berdasarkan kecepatan. pada tahun 1924 dinilai berdasarkan gaya, yang menjadi bumerang pada saat 22 atlet mencapai skor sempurna.

  1. Hot Air Ballooning
    Pada tahun 1900 Paris menjadi ajang pameran terbesar di seluruh dunia, dikarenakan perlombaan olahraga balon udara (hot air ballooning) yang merupakan pertama dan terakhr dilombakan. Olahraga ini dihapus karena dinilai terlalu sulit untuk membedakan, terlalu banyak aktivitas di lapangan.

Olahraga ini telah dihapus dari daftar Olimpiade bukan karena keganjilannya, akan tetapi karena larangan olahraga bermotor. Dan meskipun larangan tersebut belum lama ini telah dihapus dari Olympic Charter, olahraga ini tidak diharapkan kembali dalam Olimpiade.

  1. 5.     Live Pigeon Shooting

Dimasukkannya olahraga menembak merpati pada Olimpiade Paris 1900, menandai pertama kali dalam sejarah, dibunuhnya hewan dengan sengaja pada Olimpiade.

Aturan permainan ini adalah menembak jatuh burung merpati sebanyak mungkin dalam waktu yang telah ditentukan dengan dua kali kesempatan meleset. Olahraga ini hanya dilombakan satu kali pada Olimpiade Paris 1900.

 http://www.mobgenic.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s