SCREAM “INI SULAP BUKAN SIHIR”

SCREAM (Special Community of Real Acehnese Magician) merupakan salah satu komunitas  para pesulap yang ada di Aceh. Komunitas ini terbentuk pada tanggal 10 oktober 2010 yang ber-anggotakan Akbar, Rachmat Maggot, Aan Mcarol, Silvandrie, Luthfi dan Rizqi Fathur yang masing-masing dari mereka memiliki keahlian berbeda.

 

Komunitas SCREAM ini lahir dengan maksud untuk memperkenalkan seni sulap kepada masyarakat Aceh, yang bertujuan merubah paradigma negatif masyarakat terhadap sulap yang beranggapan bahwa sulap adalah bagian dari sihir dan mengandung unsur mistis. Padahal sulap merupakan bagian dari seni yang dapat dijelaskan secara logis dan sama sekali tidak ada unsur mistik di dalamnya.

 

Sulap dianggap sebagai satu kekuatan supranatural karena disesatkan oleh beberapa pesulap yang hanya memikirkan popularitas dan uang saja. Pesulap yang sejati tidak akan membiarkan orang lain berpikir terlalu jauh bahwa pesulap mempunyai kekuatan sihir

 

Pada dasarnya sulap adalah suatu seni pertunjukkan yang diminati hampir seluruh masyarakat di dunia,karena pada penyajiannya sulap dapat membuat heran dan penasaran penontonnya akan rahasia dibalik penyajiannya. Sulap merupakan suatu gabungan dari berbagai seni yang ada, misalnya seni tari, seni musik, seni rupa, seni teater, dan merupakan penerapan dari gabungan berbagai disiplin ilmu yang ada, misalnya ilmu fisika, ilmu biologi, ilmu kimia, ilmu psikologi, dan lain-lain. Seni Sulap bukanlah suatu keterampilan yang berbau klenik atau supranatural, karena setiap trik sulap dapat dijelaskan. Sulap semata-mata hanyalah permainan kelihaian tangan (sleight of hand), manipulasi, ilusi (mata dan pikiran), dan hasil kerja dari suatu perlengkapan atau peralatan

 

Walau masih seumur jagung keberadaan komunitas ini sudah menunjukkan eksistensinya terbukti dengan beberapa kali mereka tampil pada even-even besar baik yang bersifat lokal maupun nasional.

 

komunitas ini memiliki harapan besar untuk memajukan seni sulap di tanah rencong, bahkan tidak sungkan bagi mereka mengajari jika memang ada yang berminat serius untuk menggeluti seni sulap.

 

Disisi lain, kemunculan komunitas ini menjadi indikator bahwa di Aceh seni sulap sudah mulai digandrungi. Kehadiran para pesulap-pesulap ini menjadikan bumi serambi mekkah kaya akan variatif hiburan yang akan dinikmati.

 

Aliran sulap yang dikuasai SCREAM

 

Illusionist
Adalah aliran sulap yang menciptakan ilusi-ilusi yang terlihat tidak mungkin, menjadi mungkin di hadapan penonton.

 

Mentalist
Adalah aliran sulap yang seolah-olah menggunakan kekuatan pikiran, seperti Mind Reading (Membaca Pikiran), Telekinesis (menggerakkan benda dari jarak jauh), Prediksi, Clairvoyance (melihat sesuatu dari benda), dan ESP/Extra Sensory Perception (indra keenam). Permainan mentalist sering kali berdasarkan prinsip matematik, fisika, kimia, psikologis dan dapat dijelaskan secara logika.

 

Bizarre
Adalah sulap yang menggunakan cerita yang menyentuh atau seperti berhubungan dengan alam roh dan sebagainya. menggunakan peralatan-peralatan yang berkaitan dengan efek-efek mistis , fantasi, dan horror pada pertunjukannya.

 

Cardician
Adalah aliran sulap yang selalu menggunakan dan memainkan kartu dalam setiap pertunjukannya. Contoh permainanya seperti menemukan kartu yang dipilih penonton, menghilangkan kartu, mengubah kartu, dll.

 

Close-Up Magic

Adalah sulap yang dilakukan dengan jarak yang sangat dekat dengan penonton. Biasanya menggunakan alat-alat sehari-hari yang mudah didapat.

 

Hypnosis

Adalah seni komunikasi untuk mengeksplorasi alam bawah sadar seseorang sehingga mengubah tingkat kesadaranya. Di capai dgn cara menurunkan gelombang otak dari beta menjadi alpha atau theta. (IK)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s