Sambut Ramadhan Dengan Berwisata Religi

Sebentar lagi umat muslim di dunia akan memasuki bulan ramadhan, bulan yang penuh berkah ini begitu di nanti oleh para muslimin dimanapun, khusus di Aceh yang mayoritas warganya adalah muslim pastinya akan sangat bergembira menyambut kedatangan bulan puasa.

Dan yang terpenting adalah persiapan dari dalam hati kita sendiri untuk menyambut kedatangan bulan mulia ini, bersihkan hati dan jiwa untuk beribadah sebaik mungkin karena pahala yang di dapatkan dalam bulan ini akan berlipat-lipat ganda.

Untuk mengisi liburan selama bulan puasa ini kita tinggal memilih saja apa aktifitas yang baik yang akan kita lakukan hingga hari kemenangan datang, bagi sebagian orang berjualan merupakan aktifitas yang sangat positif selain mengisi waktu juga mengisi pemasukan tentunya, namun tidak hanya itu saja pilihan berwisata selama bulan puasa ini juga memberikan keistimewaan tersendiri.

Jika ada yang bertanya apa sih objek wisata yang patut di kunjungi selama puasa?  Jika kita menjawab, yang patut di kunjungi adalah Sabang, karena memiliki puluhan spot alam yang menakjubkan, tugu nol kilometer RI, dan lainnya. beragam tempat wisata di sabang ini dapat di simpulkan ke dalam kategori wisata bahari, atau kita menjawab Taman nasional Gunung Leuser, wisata yang dikategorikan kedalam wisata gunung ini memberikan kepuasaan tersendiri bagi para pencinta alam, tentunya keaneka ragaman flora dan fauna di dalamnya akan memanjakan mata pengunjung, kedua tempat tersebut memang tidak ada yang menyangkal keindahannya, dan cukup dua itu saja untuk mengambarkan keindahan alam yang dimiliki Aceh.

Tempat-tempat wisata tersebut pastinya bakalan sangat membuat kita yang menikmati liburan bisa memanjakan diri dengan nyaman dan tenang, namun tidak tepat momennya, kedua jenis wisata tadi sudah pasti seru jika bukan dalam bulan puasa, kenapa? Karena tidak mungkin kita berlama-lama berenang/snorkeling di pantai sabang, bisa membuat puasa batalJ atau mendaki di perbukitan Gunung Leuser, akan membuat kita kelelahan dan capek.

Selama bulan puasa ini yang patut di coba adalah berwisata religi, sekarang dalam menghadapi Visit Aceh Years 2013, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh bertekad, bisa menarik wisatawan mancanegara (wisman) untuk melihat keistimewaan yang dimiliki Aceh dalam hal religi. Wisata religi merupakan sektor yang cukup prospek bila mana di garap dengan baik, karena Aceh sungguh kaya akan tempat-tempat bernilai Islam yang bisa di kunjungi selain menambah wawasan akan khazanah islam, juga bisa untuk mempertebal ketaqwaan kita.

Selama ini Aceh begitu terkenal dengan budaya islam dan adat-istiadatnya, mayoritas berpenduduk Islam membuat Aceh begitu mejunjung tinggi nilai-nilai Islam dalam kehidupannya apalagi sekarang sudah ada aturan mengenai Syariah, tidak salah memang jika di juluki “Serambi Mekkah”  julukan daerah Serambi Makkah ini juga akan digunakan sebagai upaya menarik para wisatawan mancanegara.

Hal yang paling orang tau untuk tujuan wisata religi di aceh sudah pasti mesjid raya baiturrahman, mesjid kebanggaan orang Aceh ini memang menjadi simbol penting bagi tujuan para wisatawan.

Namun tidak hanya mesjid raya baiturrahman yang perlu dikunjungi, ada beberapa tempat lain yang juga tidak boleh ketinggalan, di antaranya: Makam Iskandar Muda,Makam Kandang XII, Makam Syiah Kuala, Kuburan massal Ulee Lheue, Mesjid tua Indrapuri, Makam Laksamana Malahayati dll.

Jadi tidak salah jika kita mengunjungi tempat-tempat sakral ini untuk mengisi liburan selama bulan yang penuh berkah ini, hitung-hitung untuk menyukseskan program Dinas Kebudayaan dan Pariwisata juga. (IK)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s